A.
PENGERTIAN
PERLENGKAPAN KANTOR (OFFICE EQUIPMENT)
Perlengkapan kantor adalah barang-barang yang digunakan untuk
menghasilkan suatu pekerjaan kantor sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan kantor tidak akan tercapai tanpa
adanya perlengkapan kantor. Perlengkapan
kantor yang baik, akan memperlancar suatu proses suatu pekerjaan sehingga
pencapaian tujuan dapat dicapai secara
efektif dan efisien.
Perencanaan kantor yang baik, memerlukan pertimbangan dalam memilih
jenis-jenis perlengkapan kantor (office equipment) yang meliputi
perbekalan kantor, mesin-mesin kantor, peralatan kantor, perabot kantor,
interior kantor, atau hiasan kantor, berdasarkan urutan pekerjaan dan kecakapan
yang diperlukan. Oleh karena itu,
pengetahuan kantor sangat penting sebagai dasar menyusun perencanaan kantor.
Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa kegunaan perlengkapan
kantor yaitu:
1.
Untuk
menunjang aktivitas pekerjaan kantor;
2.
Mempermudah
dan mempercepat proses pelaksanaan kegiatan kantor;
3.
Memperoleh
hasil yang lebih maksimal, baik, dan memuaskan;
4.
Sebagai
asset dan pelengkap kantor.
B.
JENIS-JENIS
PERLENGKAPAN KANTOR
Perlengkapan
kantor mencakup semua barang yang diperlukan, baik barang bergerak maupun
barang tidak bergerak, sebagai sarana pendukung pelaksanaan tugas.
1.
Barang
bergerak dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
a.
Barang
habis pakai adalah barang-barang yang hanya dapat digunakan satu kali
pakai. Hal ini mengandung arti bahwa
benda itu tidak selalu harus habis tanpa meninggalkan bekas dalam
pemakaiannya. Misalnya: kertas, karet
penghapus, pensil, karbon, map (stopmap), tinta, blangko surat, dan
sebagianya.
b.
Barang
tidak habis pakai adalah barang-barang yang dapat digunakan berulang kali dan
tahan lama dalam pemakaiannya. Misalnya:
mesin tik, pelubang kertas, gunting, hecter, pesawat telepon, lemari,
arsip, OHP (over head projector), dan sebagainya.
2.
Barang
tidak bergerak, misalnya tanah, gedung, dan bangunan.
C.
ISTILAH-ISTILAH
PERLENGKAPAN KANTOR
Ada beberapa istilah yang berkenaan dengan perlengkapan kantor,
yaitu sebagai berikut.
1. Bekal
kantor (office supplies) adalah benda-benda yang akan habis dalam
pemakaiannya sehari-hari di kantor.
Benda-benda tersebut pada umumnya digunakan untuk keperluan
tulis-menulis, yang dalam pelaksanaan kerja sehari-hari banyak dipakai dan biasanya
tidak tahan lama. Misalnya: kertas,
karbon, pita, mesin tik, dan sebagainya.
2.
Mesin-mesin
kantor (office machine) adalah segenap alat yang digunakan untuk
menghimpun, mencatat, dan mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan tata
usaha yang bekerja secara mekanik, elektronik, dan magnetik.
3.
Peralatan
kantor (office appliances) adalah segenap alat yang dipergunakan dalam
pekerjaan tata usaha. Misalnya :
peralatan kantor terdiri atas mesin-mesin kantor dan alat-alat bukan mesin atau
alat tulis kantor (ATK).
4.
Perabot
kantor (office furniture) adalah benda-benda kantor yang pada umumnya
terbuat dari kayu yang dipergunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha. Misalnya: meja, kursi, lemari, dan
sebagainya.
5.
Perabot
kantor tempelan (office fixture) adalah perabot kantor yang telah
melekat (menjadi satu) dengan bangunan lain dalam kantor. Misalnya : lemari yang telah jadi satu dengan
gedung, rak-rak yang menempel di dinding.
6.
Hiasan
kantor (office ornament) adalah benda-benda di kantor yang pada umumnya
untuk menambah suasana yang menyenangkan di kantor. Misalnya : gambar-gambar atau foto-foto,
dekorasi, pot-pot, dan vas bunga.
7.
Pesawat
kantor adalah semua mesin komunikasi yang berfungsi sebagai alat untuk
mengadakan komunikasi. Misalnya:
interkom, telepon, faksimile, handphone, dan sebagainya.
8.
Alat
bantu peraga adalah alat yang dipergunakan untuk membantu kelancaran komunikasi
antara penyaji dengan pendengar.
Misalnya: tape recorder, video tape recorder, televise, dan
sebagainya.
Untuk
lebih jelas, berikut beberapa uraian tentang berbagai istilah perlengkapan
kantor.
1.
Perbekalan tata usaha
a.
Pengertian
perbekalan tata usaha
Perbekalan
tata usaha adalah semua perbekalan ataupun peralatan yang berupa barang-barang
kantor yang diperlukan untuk menunjang lancarnya pekerjaan kantor dalam usaha
pencapaian tujuan organisasi.
b.
Jenis-jenis
perbekalan tata usaha
Menurut
The Liang Gie, dalam bukunya Administrasi Perkantoran Modern,
bahwa segenap perbekalan tata usaha itu dikelompokkan ke dalam jenis-jenis
barang sebagai berikut.
1)
Barang
lembaran, misalnya kertas, karton, dan berkas.
2)
Barang
bentuk lainnya, misalnya lem, karet penghapus, dan tinta.
3)
Alat
tulis kantor (ATK), misalnya pensil, pulpen, dan cap nomor.
4)
Alat
keperluan lainnya, missal alat pencabut jepitan kawat, mistar, dan bantalan
cap.
5)
Mesin
kantor, misalnya mesin tik, mesin hitung, dan mesin stensil.
6)
Perabot
kantor, misalnya meja, lemari, dan peti besi.
7)
Perlengkapan
lainnya, misalnya lampu permadani, kipas angin, dan AC.
Jadi,
dengan menatausahakan berbagai barang perbekalan tersebut, terciptalah
benda-benda hasil kerja yang dapat berbentuk warkat, formulir, laporan, surat,
arsip, dokumen, buku, dan benda keterangan lainnya.
2.
Mesin-mesin kantor
a.
Pengertian mesin-mesin kantor
Sebagaimana
telah dikemukakan di atas, mesin perkantoran (office machine) adalah segenap
alat yang dipergunakan untuk mencatat, mengirim, menggandakan, dan mengolah
bahan keterangan yang bekerja secara mekanis, elektris, elektronik, magnetic,
atau secara kimiawi.
The
Liang Gie menyatakan bahwa dalam dunia modern
dengan perkembangan teknologi yang luar biasa dewasa ini, pekerjaan kantor
dapat dikatakan mengalami perubahan corak dan sifat.
b.
Macam-macam mesin kantor
Macam-macam
mesin perkantoran sangat banyak dan tentu akan terus bertambah dan menjadi
lebih canggih atau modern sejalan dengan kemajuan teknologi. Adapun macam-macam mesin yang umum antara
lain:
1)
Mesin
tik (typewriter);
2)
Mesin
dikte (dictating machine);
3)
Mesin
hitung (calculating machine);
4)
Mesin
keperluan surat-menyurat (mailing equipment);
5)
Mein
pengganda warkat (duplicator/copier);
6)
Mesin
komunikasi (communication equipment).
Perangkat mesin yang telah memasuki kantor-kantor modern ialah
komputer. Computer dapat melakukan
pengolahan aneka data dan prosesor perkataan untuk melakukan produksi berbagai
warkat, yang semuanya itu secara serba otomatis dan luar biasa cepat.
3.
Peralatan kantor
a.
Pengertian peralatan kantor (office equipment/office supplies)
Peralatan
kantor adalah segenap alat yang dipergunakan dalam pekerjaan tata usaha. Menurut The Liang Gie, “Peralatan
kantor (office supplies) adalah benda-benda yang dipakai habis dalam
pelaksanaanya sehari-hari oleh pegawai tata usaha”. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
“Peralatan kantor berarti sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam
mencapai maksud dan tujuan.” Jadi,
peralatan atau media kantor juga berfungsi sebagai syarat atau upaya untuk mencapai
sesuatu.
b.
Macam-macam
peralatan kantor
Peralatan
kantor terdiri atas mesin-mesin kantor (office
supplies) dan alat-alat bukan mesin.
1)
Macam-macam
peralatan yang bukan mesin kantor, menurut Leffing Well dan Robinson
yaitu:
a)
Bak
surat (desk tray);
b)
Kalender
meja (desk calendar);
c)
Mistar
(ruler);
d)
Pena
(pen);
e)
Tangkai
pena (pen holder);
f)
Pensil
(pencil);
g)
Pensil
berwarna (colored pencil);
h)
Penghapus
pensil (eraser);
i)
Kertas-kertas
isap (blotters);
j)
Gunting
(shear);
k)
Penjepret
kawat (stapler);
l)
Bak
untuk jepitan-jepitan kertas (tray for paperclips);
m)
Bak
untuk jarum-jarum (tray for spins);
n)
Bak
untuk karet-karet gelang (tray for rubber bands);
o)
Berkas-berkas
jepitan (binders);
p)
Cap
tanggalan (band dater);
q)
Bantalan
cap (stamp pad);
r)
Blangko-blangko
formulir permintaan keperluan tulis-menulis (stationery requisitions).
2)
Macam-macam
peralatan yang termasuk mesin-mesin kantor yaitu:
a)
Mesin
kartu berulang (punched card machines);
b)
Mesin
jumlah (adding machines);
c)
Mesin
hitung (calculating machines);
d)
Mesin
tulis (typewriter);
e)
Mesin
pengganda (reproducing machines);
f)
Mesin
label (labeling machines);
g)
Mesin
pembuka sampul surat (letter openers);
h)
Mesin
penomor (numbering machines);
i)
Mesin
penghimpun lembar stensil (collator);
j)
Mesin
pelipat surat dan pemasuk sampul (folding machine and mail inserter);
k)
Mesin
perekam (tape recorder, dictaphone, transcriber);
l)
OHP
(over head Projector);
m)
Mesin
fotokopi.
4.
Perabot kantor
a.
Pengertian perabot kantor
Perabot
kantor, dalam bahasa inggris disebut office furnishings atau office
furnitures, adalah benda-benda kantor yang pada umumnya terbuat dari kayu,
yang dipergunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha.
Drs.
The Liang Gie, dalam bukunya
Kamus Administrasi Perkantoran, mengemukakan bahwa perbekalan kantor
merupakan jenid perbekalan tata usaha yang terbuat dari kayu atau metal, yang
mempunyai susunan (misalnya pintu-pintu atau laci-laci) dan diam di tempat.
Perabot-perabot
umumnya dipergunakan sebagai alas tempat kerja atau ruang tempat penyimpanan,
seperti meja tulis atau lemari arsip.
b.
Macam-macam perabot kantor
Dua
macam perabot kantor yang pasti dimiliki dan paling banyak dipergunakan di
setiap kantor yaitu meja tulis (termasuk pula meja tik) dan kursinya. Oleh karena itu, meja dan kursi kerja perlu
mendapat penelahaan secukupnya terutama mengenai segi ukuran, bentuk, dan
pertaliannya dengan luas lantai yang perlu disediakan.
Panjang : 180 cm
Lebar :
78 cm
Tinggi :
72 cm
Macam-macam
perabot yang paling utama untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan kantor antara
lain:
1)
Meja
tulis, meja mesin tik, dan computer;
2)
Kursi;
3)
Lemari
yang dapat dikunci;
4)
Rak
buku/arsip;
5)
Box,
peti kayu.
5.
Interior kantor atau hiasan kantor
salah satu faktor yang tidak kalah pentingnya dalam perbekalan
kantor ialah interior kantor. Interior atau hiasan dapat menciptakan suasana
kantor yang nyaman, indah dan serasi. Lingkungan atau ruangan kantor yang
dihiasi dengan hiasan yang menarik ditata sedemikian rupa, dapat membuat orang
tertarik dan betah berada di kantor.
Dengan demikian, perbekalan kantor yang berkaitan dengan interior,
diantaranya:
a.
Hiasan
atau lukisan dinding (gambar atau lukisan);
b.
Bunga-bunga;
c.
Akuarium;
d.
Lampu-lampu
hias;
e.
Kolam;
f.
Taman;
g.
Benda-benda
lain yang dapat mendukung kenyamanan sebuah kantor.
6.
Pesawat kantor
a.
Pengertian pesawat kantor
Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, saat ini
komunikasi dalam kantor lebih banyak menggunakan peralatan atau mesin
komunikasi. Penggunaan peralatan atau mesin komunikasi, akan membuat komunikasi
berlangsung lebih cepat dan efisien. Peralatan atau mesin-mesin komunikasi yang
ada dalam kantor inilah yang disebut dengan pesawat kantor. Jadi, pesawat
kantor adalah semua mesin komunikasi yang berfungsi sebagai alat untuk
mengadakan komunikasi, baik di lingkungan sendiri maupun dengan lingkungan di luar
kantor.
Keuntungan adanya
pesawat komunikasi dalam kantor di antaranya sebagai berikut:
1)
Penyampaian
komunikasi dapat dilakukan secara cepat dan efisien;
2)
Menghemat
tenaga dalam pelaksanaan tata hubungan di luar kantor;
3)
Meningkatkan
produktivitas kerja;
4)
Mempercepat
proses pekerjaan.
b.
Jenis-jenis pesawat kantor
Jenis-jenis atau macam-macam pesawat komunikasi di antaranya
sebagai berikut.
1)
Interkom;
2)
Telepon;
3)
Handphome;
4)
Switch
board;
5)
Loudspeaking
telephone;
6)
Telephone
autolering machine;
7)
Dictaphone;
8)
Teleks;
9)
Faksimile.
7.
Alat bantu peraga (audio visual aids)
Guna membantu memperlancar komunikasi yang diadakan dalam suatu
rapat atau pertemuan, diperlukan alat bantu. Seseorang perlu memahami dan
hendaknya dapat memilih alat bantu yang dibutuhkan sesuai dengan sasaran yang
diinginkan.
a.
Pengertian alat bantu peraga
Audio
visual aids atau alat
bantu peraga terdiri atas tiga kata yang masing-masing memiliki makna
tersediri.
Audio :
berasal dari kata audible yang berarti kedengaran. Kemudian,
Istilah audio ini dapat diartikan sebagai
pengalaman dari hasil
Pendengaran.
Visual : berasal dari kata visible
yang berarti kelihatan. Kemudian, istilah
Ini dapat diartikan pengalaman-pengalaman
dari hasil
Penglihatan.
Aids : berarti bantuan.
Dari
uraian tersebut, dapat diartikan bahwa audio visual aids atau alat bantu
peraga adalah alat yang dipergunakan untuk membantu kelancaran komunikasi
antara penyaji dengan pendengar/peserta yaitu mengenai penambahan pengalaman
melalui pendengaran, penglihatan, dan praktik, melaluui penggunaan alat-alat
peraga tersebut.
b.
Fungsi alat bantu peraga
Fungsi
alat bantu peraga yaitu:
1)
Membantu
penyaji dalam mengarahkan isi penyajian (presentasi);
2)
Menanamkan
ide dengan lebih baik, lebih kuat, dan lebih mendalam;
3)
Menghindarkan
verbalisme/penggunaan kata yang berlebihan;
4)
Menimbulkan
perhatian;
5)
Mendorong
untuk berpikir dan bertindak;
6)
Menghemat
waktu karena proses pendalaman/pemahaman dapat berjalan dengan lancar dan
mudah.
c.
Maksud dan tujuan penggunaan alat bantu peraga
Adapun
maksud dan tujuan dari penggunaan alat bantu peraga yaitu:
1)
Membantu
penyempurnaan metode penyajian/presentasi sehingga didapatkan cara komunikasi
yang efektif;
2)
Menimbulkan
perhatian untuk memberikan variasi pada cara penyajian, sehingga tidak
menimbulkan kebosanan;
3)
Memudahkan
pengertian dan memberikan kesan yang lama;
4)
Menghemat
waktu selama pertemuan berlangsung.
d.
Ruang lingkup alat bantu peraga
Sesuai
dengan pembatasan tentang pengertian alat bantu peraga di atas, maka alat-alat
peraga yang dapat ditangkap oleh peserta melalui pancaindra yaitu:
1)
Tape
recorder;
2)
Video
tape recorder;
3)
Radio;
4)
Televisi,
dan lain-lain.
Adapun alat-alat peraga yang dapat diproyeksikan yaitu:
1)
Slide
projector;
2)
Film
strip;
3)
Movie
film;
4)
Opaque
projector;
5)
Over
head projector (OHP).
Alat peraga yang tidak bersuara dan tidak dapat diproyeksikan,
yaitu:
1)
Chalk
board;
2)
Flip
chart;
3)
White
board;
4)
Flannel
graph;
5)
Grapik;
6)
Formulir;
7)
Buku,
dan lain-lain.
A.
PENGERTIAN
PERLENGKAPAN KANTOR (OFFICE EQUIPMENT)
Perlengkapan kantor adalah barang-barang yang digunakan untuk
menghasilkan suatu pekerjaan kantor sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan kantor tidak akan tercapai tanpa
adanya perlengkapan kantor. Perlengkapan
kantor yang baik, akan memperlancar suatu proses suatu pekerjaan sehingga
pencapaian tujuan dapat dicapai secara
efektif dan efisien.
Perencanaan kantor yang baik, memerlukan pertimbangan dalam memilih
jenis-jenis perlengkapan kantor (office equipment) yang meliputi
perbekalan kantor, mesin-mesin kantor, peralatan kantor, perabot kantor,
interior kantor, atau hiasan kantor, berdasarkan urutan pekerjaan dan kecakapan
yang diperlukan. Oleh karena itu,
pengetahuan kantor sangat penting sebagai dasar menyusun perencanaan kantor.
Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa kegunaan perlengkapan
kantor yaitu:
1.
Untuk
menunjang aktivitas pekerjaan kantor;
2.
Mempermudah
dan mempercepat proses pelaksanaan kegiatan kantor;
3.
Memperoleh
hasil yang lebih maksimal, baik, dan memuaskan;
4.
Sebagai
asset dan pelengkap kantor.
B.
JENIS-JENIS
PERLENGKAPAN KANTOR
Perlengkapan
kantor mencakup semua barang yang diperlukan, baik barang bergerak maupun
barang tidak bergerak, sebagai sarana pendukung pelaksanaan tugas.
1.
Barang
bergerak dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
a.
Barang
habis pakai adalah barang-barang yang hanya dapat digunakan satu kali
pakai. Hal ini mengandung arti bahwa
benda itu tidak selalu harus habis tanpa meninggalkan bekas dalam
pemakaiannya. Misalnya: kertas, karet
penghapus, pensil, karbon, map (stopmap), tinta, blangko surat, dan
sebagianya.
b.
Barang
tidak habis pakai adalah barang-barang yang dapat digunakan berulang kali dan
tahan lama dalam pemakaiannya. Misalnya:
mesin tik, pelubang kertas, gunting, hecter, pesawat telepon, lemari,
arsip, OHP (over head projector), dan sebagainya.
2.
Barang
tidak bergerak, misalnya tanah, gedung, dan bangunan.
C.
ISTILAH-ISTILAH
PERLENGKAPAN KANTOR
Ada beberapa istilah yang berkenaan dengan perlengkapan kantor,
yaitu sebagai berikut.
1.
Bekal
kantor (office supplies) adalah benda-benda yang akan habis dalam
pemakaiannya sehari-hari di kantor.
Benda-benda tersebut pada umumnya digunakan untuk keperluan
tulis-menulis, yang dalam pelaksanaan kerja sehari-hari banyak dipakai dan biasanya
tidak tahan lama. Misalnya: kertas,
karbon, pita, mesin tik, dan sebagainya.
2.
Mesin-mesin
kantor (office machine) adalah segenap alat yang digunakan untuk
menghimpun, mencatat, dan mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan tata
usaha yang bekerja secara mekanik, elektronik, dan magnetik.
3.
Peralatan
kantor (office appliances) adalah segenap alat yang dipergunakan dalam
pekerjaan tata usaha. Misalnya :
peralatan kantor terdiri atas mesin-mesin kantor dan alat-alat bukan mesin atau
alat tulis kantor (ATK).
4.
Perabot
kantor (office furniture) adalah benda-benda kantor yang pada umumnya
terbuat dari kayu yang dipergunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha. Misalnya: meja, kursi, lemari, dan
sebagainya.
5.
Perabot
kantor tempelan (office fixture) adalah perabot kantor yang telah
melekat (menjadi satu) dengan bangunan lain dalam kantor. Misalnya : lemari yang telah jadi satu dengan
gedung, rak-rak yang menempel di dinding.
6.
Hiasan
kantor (office ornament) adalah benda-benda di kantor yang pada umumnya
untuk menambah suasana yang menyenangkan di kantor. Misalnya : gambar-gambar atau foto-foto,
dekorasi, pot-pot, dan vas bunga.
7.
Pesawat
kantor adalah semua mesin komunikasi yang berfungsi sebagai alat untuk
mengadakan komunikasi. Misalnya:
interkom, telepon, faksimile, handphone, dan sebagainya.
8.
Alat
bantu peraga adalah alat yang dipergunakan untuk membantu kelancaran komunikasi
antara penyaji dengan pendengar.
Misalnya: tape recorder, video tape recorder, televise, dan
sebagainya.
Untuk
lebih jelas, berikut beberapa uraian tentang berbagai istilah perlengkapan
kantor.
1.
Perbekalan tata usaha
a.
Pengertian
perbekalan tata usaha
Perbekalan
tata usaha adalah semua perbekalan ataupun peralatan yang berupa barang-barang
kantor yang diperlukan untuk menunjang lancarnya pekerjaan kantor dalam usaha
pencapaian tujuan organisasi.
b.
Jenis-jenis
perbekalan tata usaha
Menurut
The Liang Gie, dalam bukunya Administrasi Perkantoran Modern,
bahwa segenap perbekalan tata usaha itu dikelompokkan ke dalam jenis-jenis
barang sebagai berikut.
1)
Barang
lembaran, misalnya kertas, karton, dan berkas.
2)
Barang
bentuk lainnya, misalnya lem, karet penghapus, dan tinta.
3)
Alat
tulis kantor (ATK), misalnya pensil, pulpen, dan cap nomor.
4)
Alat
keperluan lainnya, missal alat pencabut jepitan kawat, mistar, dan bantalan
cap.
5)
Mesin
kantor, misalnya mesin tik, mesin hitung, dan mesin stensil.
6)
Perabot
kantor, misalnya meja, lemari, dan peti besi.
7)
Perlengkapan
lainnya, misalnya lampu permadani, kipas angin, dan AC.
Jadi,
dengan menatausahakan berbagai barang perbekalan tersebut, terciptalah
benda-benda hasil kerja yang dapat berbentuk warkat, formulir, laporan, surat,
arsip, dokumen, buku, dan benda keterangan lainnya.
2.
Mesin-mesin kantor
a.
Pengertian mesin-mesin kantor
Sebagaimana
telah dikemukakan di atas, mesin perkantoran (office machine) adalah segenap
alat yang dipergunakan untuk mencatat, mengirim, menggandakan, dan mengolah
bahan keterangan yang bekerja secara mekanis, elektris, elektronik, magnetic,
atau secara kimiawi.
The
Liang Gie menyatakan bahwa dalam dunia modern
dengan perkembangan teknologi yang luar biasa dewasa ini, pekerjaan kantor
dapat dikatakan mengalami perubahan corak dan sifat.
b.
Macam-macam mesin kantor
Macam-macam
mesin perkantoran sangat banyak dan tentu akan terus bertambah dan menjadi
lebih canggih atau modern sejalan dengan kemajuan teknologi. Adapun macam-macam mesin yang umum antara
lain:
1)
Mesin
tik (typewriter);
2)
Mesin
dikte (dictating machine);
3)
Mesin
hitung (calculating machine);
4)
Mesin
keperluan surat-menyurat (mailing equipment);
5)
Mein
pengganda warkat (duplicator/copier);
6)
Mesin
komunikasi (communication equipment).
Perangkat mesin yang telah memasuki kantor-kantor modern ialah
komputer. Computer dapat melakukan
pengolahan aneka data dan prosesor perkataan untuk melakukan produksi berbagai
warkat, yang semuanya itu secara serba otomatis dan luar biasa cepat.
3.
Peralatan kantor
a.
Pengertian peralatan kantor (office equipment/office supplies)
Peralatan
kantor adalah segenap alat yang dipergunakan dalam pekerjaan tata usaha. Menurut The Liang Gie, “Peralatan
kantor (office supplies) adalah benda-benda yang dipakai habis dalam
pelaksanaanya sehari-hari oleh pegawai tata usaha”. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
“Peralatan kantor berarti sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam
mencapai maksud dan tujuan.” Jadi,
peralatan atau media kantor juga berfungsi sebagai syarat atau upaya untuk mencapai
sesuatu.
b.
Macam-macam
peralatan kantor
Peralatan
kantor terdiri atas mesin-mesin kantor (office
supplies) dan alat-alat bukan mesin.
1)
Macam-macam
peralatan yang bukan mesin kantor, menurut Leffing Well dan Robinson
yaitu:
a)
Bak
surat (desk tray);
b)
Kalender
meja (desk calendar);
c)
Mistar
(ruler);
d)
Pena
(pen);
e)
Tangkai
pena (pen holder);
f)
Pensil
(pencil);
g)
Pensil
berwarna (colored pencil);
h)
Penghapus
pensil (eraser);
i)
Kertas-kertas
isap (blotters);
j)
Gunting
(shear);
k)
Penjepret
kawat (stapler);
l)
Bak
untuk jepitan-jepitan kertas (tray for paperclips);
m)
Bak
untuk jarum-jarum (tray for spins);
n)
Bak
untuk karet-karet gelang (tray for rubber bands);
o)
Berkas-berkas
jepitan (binders);
p)
Cap
tanggalan (band dater);
q)
Bantalan
cap (stamp pad);
r)
Blangko-blangko
formulir permintaan keperluan tulis-menulis (stationery requisitions).
2)
Macam-macam
peralatan yang termasuk mesin-mesin kantor yaitu:
a)
Mesin
kartu berulang (punched card machines);
b)
Mesin
jumlah (adding machines);
c)
Mesin
hitung (calculating machines);
d)
Mesin
tulis (typewriter);
e)
Mesin
pengganda (reproducing machines);
f)
Mesin
label (labeling machines);
g)
Mesin
pembuka sampul surat (letter openers);
h)
Mesin
penomor (numbering machines);
i)
Mesin
penghimpun lembar stensil (collator);
j)
Mesin
pelipat surat dan pemasuk sampul (folding machine and mail inserter);
k)
Mesin
perekam (tape recorder, dictaphone, transcriber);
l)
OHP
(over head Projector);
m)
Mesin
fotokopi.
4.
Perabot kantor
a.
Pengertian perabot kantor
Perabot
kantor, dalam bahasa inggris disebut office furnishings atau office
furnitures, adalah benda-benda kantor yang pada umumnya terbuat dari kayu,
yang dipergunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha.
Drs.
The Liang Gie, dalam bukunya
Kamus Administrasi Perkantoran, mengemukakan bahwa perbekalan kantor
merupakan jenid perbekalan tata usaha yang terbuat dari kayu atau metal, yang
mempunyai susunan (misalnya pintu-pintu atau laci-laci) dan diam di tempat.
Perabot-perabot
umumnya dipergunakan sebagai alas tempat kerja atau ruang tempat penyimpanan,
seperti meja tulis atau lemari arsip.
b.
Macam-macam perabot kantor
Dua
macam perabot kantor yang pasti dimiliki dan paling banyak dipergunakan di
setiap kantor yaitu meja tulis (termasuk pula meja tik) dan kursinya. Oleh karena itu, meja dan kursi kerja perlu
mendapat penelahaan secukupnya terutama mengenai segi ukuran, bentuk, dan
pertaliannya dengan luas lantai yang perlu disediakan.
Panjang : 180 cm
Lebar :
78 cm
Tinggi :
72 cm
Macam-macam
perabot yang paling utama untuk menunjang pelaksanaan pekerjaan kantor antara
lain:
1)
Meja
tulis, meja mesin tik, dan computer;
2)
Kursi;
3)
Lemari
yang dapat dikunci;
4)
Rak
buku/arsip;
5)
Box,
peti kayu.
5.
Interior kantor atau hiasan kantor
salah satu faktor yang tidak kalah pentingnya dalam perbekalan
kantor ialah interior kantor. Interior atau hiasan dapat menciptakan suasana
kantor yang nyaman, indah dan serasi. Lingkungan atau ruangan kantor yang
dihiasi dengan hiasan yang menarik ditata sedemikian rupa, dapat membuat orang
tertarik dan betah berada di kantor.
Dengan demikian, perbekalan kantor yang berkaitan dengan interior,
diantaranya:
a.
Hiasan
atau lukisan dinding (gambar atau lukisan);
b.
Bunga-bunga;
c.
Akuarium;
d.
Lampu-lampu
hias;
e.
Kolam;
f.
Taman;
g.
Benda-benda
lain yang dapat mendukung kenyamanan sebuah kantor.
6.
Pesawat kantor
a.
Pengertian pesawat kantor
Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, saat ini
komunikasi dalam kantor lebih banyak menggunakan peralatan atau mesin
komunikasi. Penggunaan peralatan atau mesin komunikasi, akan membuat komunikasi
berlangsung lebih cepat dan efisien. Peralatan atau mesin-mesin komunikasi yang
ada dalam kantor inilah yang disebut dengan pesawat kantor. Jadi, pesawat
kantor adalah semua mesin komunikasi yang berfungsi sebagai alat untuk
mengadakan komunikasi, baik di lingkungan sendiri maupun dengan lingkungan di luar
kantor.
Keuntungan adanya
pesawat komunikasi dalam kantor di antaranya sebagai berikut:
1)
Penyampaian
komunikasi dapat dilakukan secara cepat dan efisien;
2)
Menghemat
tenaga dalam pelaksanaan tata hubungan di luar kantor;
3)
Meningkatkan
produktivitas kerja;
4)
Mempercepat
proses pekerjaan.
b.
Jenis-jenis pesawat kantor
Jenis-jenis atau macam-macam pesawat komunikasi di antaranya
sebagai berikut.
1)
Interkom;
2)
Telepon;
3)
Handphome;
4)
Switch
board;
5)
Loudspeaking
telephone;
6)
Telephone
autolering machine;
7)
Dictaphone;
8)
Teleks;
9)
Faksimile.
7.
Alat bantu peraga (audio visual aids)
Guna membantu memperlancar komunikasi yang diadakan dalam suatu
rapat atau pertemuan, diperlukan alat bantu. Seseorang perlu memahami dan
hendaknya dapat memilih alat bantu yang dibutuhkan sesuai dengan sasaran yang
diinginkan.
a.
Pengertian alat bantu peraga
Audio
visual aids atau alat
bantu peraga terdiri atas tiga kata yang masing-masing memiliki makna
tersediri.
Audio :
berasal dari kata audible yang berarti kedengaran. Kemudian,
Istilah audio ini dapat diartikan sebagai
pengalaman dari hasil
Pendengaran.
Visual : berasal dari kata visible
yang berarti kelihatan. Kemudian, istilah
Ini dapat diartikan pengalaman-pengalaman
dari hasil
Penglihatan.
Aids : berarti bantuan.
Dari
uraian tersebut, dapat diartikan bahwa audio visual aids atau alat bantu
peraga adalah alat yang dipergunakan untuk membantu kelancaran komunikasi
antara penyaji dengan pendengar/peserta yaitu mengenai penambahan pengalaman
melalui pendengaran, penglihatan, dan praktik, melaluui penggunaan alat-alat
peraga tersebut.
b.
Fungsi alat bantu peraga
Fungsi
alat bantu peraga yaitu:
1)
Membantu
penyaji dalam mengarahkan isi penyajian (presentasi);
2)
Menanamkan
ide dengan lebih baik, lebih kuat, dan lebih mendalam;
3)
Menghindarkan
verbalisme/penggunaan kata yang berlebihan;
4)
Menimbulkan
perhatian;
5)
Mendorong
untuk berpikir dan bertindak;
6)
Menghemat
waktu karena proses pendalaman/pemahaman dapat berjalan dengan lancar dan
mudah.
c.
Maksud dan tujuan penggunaan alat bantu peraga
Adapun
maksud dan tujuan dari penggunaan alat bantu peraga yaitu:
1)
Membantu
penyempurnaan metode penyajian/presentasi sehingga didapatkan cara komunikasi
yang efektif;
2)
Menimbulkan
perhatian untuk memberikan variasi pada cara penyajian, sehingga tidak
menimbulkan kebosanan;
3)
Memudahkan
pengertian dan memberikan kesan yang lama;
4)
Menghemat
waktu selama pertemuan berlangsung.
d.
Ruang lingkup alat bantu peraga
Sesuai
dengan pembatasan tentang pengertian alat bantu peraga di atas, maka alat-alat
peraga yang dapat ditangkap oleh peserta melalui pancaindra yaitu:
1)
Tape
recorder;
2)
Video
tape recorder;
3)
Radio;
4)
Televisi,
dan lain-lain.
Adapun alat-alat peraga yang dapat diproyeksikan yaitu:
1)
Slide
projector;
2)
Film
strip;
3)
Movie
film;
4)
Opaque
projector;
5)
Over
head projector (OHP).
Alat peraga yang tidak bersuara dan tidak dapat diproyeksikan,
yaitu:
1)
Chalk
board;
2)
Flip
chart;
3)
White
board;
4)
Flannel
graph;
5)
Grapik;
6)
Formulir;
7)
Buku,
dan lain-lain.
Sumber: Vida Hasna F, dkk. Mengelola Peralatan Kantor SMK. Armico: Bandung.
Sumber: Vida Hasna F, dkk. Mengelola Peralatan Kantor SMK. Armico: Bandung.
ijin copas ya, buat referensi tugas,,,, trimakasih :)
BalasHapusKalo Brankas Termasuk Alat Kantor Gak ya...? Btw Nice Artikel...
BalasHapusijin copas jg ea,,
BalasHapuskomplit nie artikel'e
thank's ea,,,
materi pengadaan peralatan kantor tidak ada yaa? tolong ditambah lagi, terima kasih :)
BalasHapusizin unduh ya....untuk bahan ajar....
BalasHapusWah, terima kasih banget ada yang tulis tentang prosedur pengadaan peralatan kantor , salam sukses Klikoffice.co.id Belanja Online Peralatan dan Perlengkapan Kantor Klikoffice Peralatan dan Perlengkapan Kantor
BalasHapusAgen Judi
BalasHapusAgen Bola
Agen Judi Online
Agen SBOBET
Agen IBCBET
Agen Casino
Poker Online
Agen Judi Terpercaya
Prediksi Bola
Bandar Judi
Bandar Bola
Judi Online
Bola Online
Prediksi Swansea City VS Manchester United
Prediksi Atalanta VS Frosinone
Prediksi Bochum VS Monaco
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami
BalasHapusLegendaPelangi.com
Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^
Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
-BBM : 2AE190C9
-Loginsite : Legendapelangi.com
Las Vegas casinos set to reopen on June 15 - KOMV
BalasHapusIf the city 아산 출장샵 doesn't return to the 오산 출장마사지 hotel and casino starting 파주 출장안마 Monday, the 당진 출장샵 company says the new COVID-19 casino 동두천 출장안마 is